Hanya cerita sesama pejuang tiroid. Kanker tiroid dan gangguan tiroid lainnya. Jangan kalah jangan menyerah Keputusasaan yang mengalahkanmu Bukan KANKER!

Tuesday, December 06, 2016

Cepet ngantuk? Pelupa? Mudah lelah? Jangan-jangan hipotiroid~

Assalammualaikum,
Maafkan baru muncul lagi. *sungkem~ ❤

Okey kali ini mau cerita santai aja ya. Jangan berat-berat deh. Tetap aja sih ya seputar tiroid. hihi
Nah, akhir-akhir ini banyak banget yang curhat ke whats App setelah baca blog recehan ini wkwk. Kebanyakan nanya "mbak, gejala hipotiroid tuh apa, kanker tiroid itu penyebab utamanya apa? dan pertanyaan-pertanyaan umum lainnya. Kali ini saya mau share pengalaman hipotiroid saya.
Sebagai seorang pasien yang masih sangat awam dan dapat info segitu-gitunya, saya mau sharing berdasarkan pengalaman kesehatan yang pernah saya alami lagi-lagi saya harus mengingatkan bahwa badan setiap orang itu berbeda-beda ya. Jadi jangan mengeneralisir semua kasus tanpa konsultasi pada dokter.

By the way saya juga sama seperti orang-orang awam kesehatan lainnya. Gak ngerti. Apalagi parahnya saya itu tipe orang yang sakit dikit gak usah dirasa-rasa. ya mengabaikan sinyal-sinyal di tubuh sih intinya, dan sekarang nyesel huhu :'(((( 

Fase-fase setelah sah tuna tiroid (tidak memiliki tiroid) tapi belum boleh minum thyrax dulu gara-gara persiapa ablasi, saya memutuskan memang sedang kuliah ekstensi S1 sambil bekerja. Yah, kebayang lah 08.00-16.00 saya kerja di daerah jatinangor pukul 17.00 sudah harus tiba di kampus daerah tamansari Bandung. Hampir setiap hari. Ha! Awal-awal capek sih ya tapi setelah berbilang bulan mulai berdamai sama si capek. Sampai-sampai gak sadar saya melewati fase dimana capeknya itu luar biasa sih. Sampai rumah, sholat setelah itu belum juga ganti baju kerja tiba-tiba ketiduran depan TV masih berpakaian lengkap ala-ala kerja. halaaah. parah sih. Ter- gak bisa nahan kantuk. Pernah suatu kali di kantor saat itu ada buka puasa atau gathering apa ya lupa. Inget banget karena kerja seharian terus lanjut gathering yang menguras tenaga alhasil saya ketiduran di sela-sela obrolan yang gak santai maksudnya rameeee. PARAH sih~~~~~

Fase itu masih saya anggap oh mungkin memang fisik saya kurang baik. Nah di bulan-bulan berjalan itu saya merasa di fase down sih. pertama ya karena di awal-awal bulan saya di diagnosa kanker. Kedua saya kok sering dimarahin atasan yak gara-gara kelakuan saya yang jadi pelupa. Schedule A lupa, tagihan itu lupa, "perasaan tadi aku udah ini deh tapi kok ternyata belum sik" terus dapet omelan. Kok kamu pelupa banget sih riskaaaaaa. "Ya, maaf" jawabku lesu. Padahal aku tau mereka ga marah sih cuma si pelupa ini betul-betul ganggu banget. Saya sampai bawa buku atau notes kecil untuk mencatat hal-hal yang harus dilakukan. Takut lupa :((((( Berminggu-minggu kayak gitu terus saya nyerah. Suka nangis abis itu. Saya gak pernah separah ini sih sebelumnya.

Gejala yang paling sering dan aneh saya rasakan adalah KEDINGINAN di saat semua orang biasa-biasa aja. Paling gak kuat kalau ada di ruangan AC. Pernah beberapa kali masuk ke kantor bawa sweater rajutan tebel. di saat semua orang biasa-biasa aja nyalain AC karena kepanasan dari luar, ehhhh saya dengan sangat pede nya pakai itu sweater rajutan sambil terus niupin telapak tangan saking dinginnya. kebayang kan betapa kedinginannya? Ha ha ha ha udah gak ngerti lagi sih.






















Hingga one day. Bulan Juli 2015 saya putuskan untuk segera ke dokter spesialis nuklir sebagaimana rujukan dokter onkologi yang mengoperasi kedua tiroid saya. Fine, ibarat sudah berminggu-minggu badan kamu gak memproduksi hormon tiroid. Ya gitulah jadinya. Hipotiroid. "Tapi sampai kapan, dok?" "Sampai kamu diperbolehkan minum thyrax." jawabnya lugas. Minggu depannya saya menjalani ablasi yang ... ... ... sesuatu. Setelah itu badan sudah mulai stabil setelah diperbolehkan meminum thyrax dengan dosis yang tepat. Ouh jadi gitu ya hipotiroid.

"Hipotiroid itu kalau secara umum berarti aktifitas kelenjar tiroid yang menurun akibat produksi berkurang/ pemberian obat anti tiroid/ radiasi/ setelah operasi tiroid/ infeksi."

Nah ini ada sharing dari Dr.Rochsismandoko (Endocrine, Metabolic, and Diabetes center Bethsaida Hospital) terkait tanda dan gejala hipotiroid.

Berikut Tanda dan Gejala Hipotiroid 
  1. Mudah capek
  2. Pelupa/Lambat berfikir
  3. Murung/ mudah marah
  4. Depresi
  5. Tidak bisa berkonsentrasi
  6. Rambut halus dan mudah rontok
  7. Bulu-bulu rambut hilang, kulit kering dan pecah-pecah
  8. Tidak tahan dingin
  9. Cholesterol meningkat
  10. Mata bengkak
  11. Kelenjar gondok membesar
  12. Suara parau, dalam
  13. Tenggorokan kering dan sakit
  14. Sulit menelan
  15. Denyut jantung lambat
  16. Infertility (Haid tidak teratur)
  17. sembelit
  18. Otot lemas dan keram


Nah ini beberapa gejala hipotiroid yang sangat umun kita rasakan dan seringnya diabaikan. Yuk lebih care sama tubuh. Yuk segera periksa. Salam sehat ya dari Riska :)


Salam,

Senja Januari




Read More

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

About Me

About Riska

Thyroid Cancer Survivor from Bandung, Indonesia. 24 Y.o. Akuntan di sebuah perusahaan swasta.
Diagnosa Kanker tiroid Papiler tahun 2015 menjalani 2 kali operasi pengangkatan tiroid dan ablasi di RSHS Bandung di tahun yang sama
Ada gangguan tiroid juga? Yuk sini cerita, feel free to share :)
I'm Young but Stronger than CANCER !

Popular Posts

Categories

statistics

Copyright © Curhatan Pejuang Tiroid | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com